Rabu, 30 Oktober 2013

tips cara merawat bayi baru lahir

Bagaimana cara merawat bayi baru lahir agar tumbuh optimal dan sehat? ada banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menyambut kedatangan si kecil, namun yang paling utama adalah pengetahuan orang tua tentang bagaimana seharusnya melakukan perawatan pada bayi baru lahir. Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan referensi khususnya untuk orang tua baru yang belum pernah mempunyai anak.

Cara memandikan bayi baru lahir - Hal yang sering ditakutkan ibu muda adalah saat memandikan bayinya. Tubuh mungil dan rapuh bayi menjadikan ibu muda biasanya agak canggung ketika harus memandikan bayinya sendiri. biasanya ibu muda seperti ini akan meminta bantuan orang lain seperti petugas medis untuk membantu memandikan bayi mereka. Namnun, tahukan Anda bahwa sesungguhnya, bayi yang baru lahir tidak perlu dimandikan setiap hari.bayi hanya perlu dibersihkan menggunakan kain bersih di area lipatan. bisa juga menggunakan tisu basah. Area tubuh bayi yang sering kotor adalah pada bagian leher, tangan, pantat, area kelamin bayi dan wajah.

Jika menggunakan bak mandi, pegang tubuh bayi anda menggunakan tangan kiri dan gunakan tangan kanan untuk mengusap dan menyiram tubuh bayi dengan air hangat sedikit demi sedikit. yang perlu diperhatikan adalah jangan merendam tubuh bayi di dalam air jika tali pusat belum lepas.

Cara merawat bayi baru lahir - tali pusat bayi, Tali pusat adalah organ yang sangat penting pada fase pertumbuhan janin dalam kandungan, namun setelah lahir tali pusat ini harus dipotong karena sudah tidak digunakan. Perawatan tali pusat tidaklah sulit. hanya perlu dijaga agar area bekas potongan tali pusat bayi tetap kering dan bersih. tutup menggunakan kain steril pada bagian tali pusat untuk menghindari debu dan kuman. untuk membersihkannya cukup gunakan kain bersih yang dibasahi air hangat. yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah menarik tali pusat bayi sebelum lepas dengan sendirinya. Sabar dan biarkan tali pusat lepas sendiri.

Cara merawat bayi baru lahir – Mengatasi bayi rewel, bayi rewel biasanya karena merasa tidak nyaman dan menangis adalah satu-satunya cara mendapatkan perhatian dari orang disekitarnya. Ketika bayi Anda sudah mulai menangis dan tidak mau diam meskipun sudah diayun atau dininabobokan, periksalah keadaannya, apakah popoknya basah terkena ompol atau pup jika ya, segera ganti dengan popok yang baru. Mungkin juga suhu ruangan terasa panas. jika segera pindahkan bayi ke ruangan yang sirkulasi udaranya lebih baik.

Bagaimana jika bayi demam, Demam pada bayi adalah hal yang biasa dan sering terjadi. Anda tidak perlu terlalu khawatir jika bayi Anda mengalami demam. Hal yang perlu disiapkan adalah obat penurun panas dan termometer, karena seringkali demam terjadi di malam hari yang cukup menyulitkan jika kita harus membeli dulu ke apotik.

Jika bayi mulai demam, segera ukur suhu tubuhnya menggunakan termometer, jika sudah terlalu tingi lebih dari 38 derajad celcius, segera berikan obat penurun panas karena suhu tubuh yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kejang pada bayi.

Beri asupan ASI yang lebih pada bayi ketika suhu tubuhnya meningkat karena bisa menurunkan suhu tubuhnya. Namun jika panas tidak kunjung turun dalam 2 hari, segera hubungi dokter atau petugas medis untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya. Oke, semoga artikel cara merawat bayi baru lahir ini bisa bermanfaat untuk anda. Mohon bantuannya share ya. Terima kasih.


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar